Butuh ilmu dari luar sekolah

弟子规 Dì zǐ guī

 身有伤,贻亲忧,德有伤 , 贻亲羞
Shēn yǒu shāng ,yí qīn yōu,dé yǒu shāng ,yí qīn xiū
亲爱我,孝何难 ,亲憎我,孝方贤
Qīn'ài wǒ ,xiào hé nán ,qīn zēng wǒ ,xiào fāng xián
Kata-kata di atas merupakan bagian cuplikan dari tulisan 弟子规 Dì zǐ guī (Pedoman Hidup Berbudi Pekerti) yang dibuat oleh Lǐ Yù Xiù.
Awalnya tulisan ini diberi nama 訓蒙文 Xùn Méng Wén (Tulisan untuk Mendidik Anak). Namun kemudian direvisi dan diubah namanya menjadi弟子規 Dì Zǐ Guī oleh Jiǎ Cún Rén.

------

Arti dari cuplikan Pedoman Berbudi Pekerti:
Kita seharusnya menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai tubuh kita ini menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit. Karena jika tidak mengindahkan kesehatan kita, orangtua kita akan merasa cemas.
Selain itu, kita juga harus memperhatikan moral dan perkembangan kepribadian kita.Jangan melakukan tindakan yang melanggar norma dan peraturan, agar orangtua kita tidak malu karena perbuatan kita.
Karena begitu besarnya kasih sayang orangtua kepada kita, sudah sepatutnyalah kita bersikap patuh atau berbakti kepada mereka. Ketika orangtua melakukan hal-hal yang tidak kita sukai, seperti mengawasi kita dengan ketat, mungkin semua itu karena cintanya pada kita. Sehingga kita harus tetap berbakti sambil mengintrospeksi diri.
Berusahalah untuk memaklumi perasaan orangtua kita, dan berusahalah untuk mengubah sifat yang kurang baik menjadi baik kepada orangtua. Bakti yang demikian sangat bernilai harganya!
Luar biasa!


CC: Andriewongso.com
0 Komentar untuk "弟子规 Dì zǐ guī"

Recent Post

Tab-menu

Back To Top