Butuh ilmu dari luar sekolah

8 Kepribadian Negatif

Manusia mungkin berbuat salah tetepi yang tidak dibenarkan adalah mengulangi dan mempertahankan suatu yang negatif dan mengulanginya hingga menjadi kebiasaan. ( Eleanor Roosevelt )

Pernahkah kita mengenal orang yang selalu memperlihatkan sisi negatif dalam sesuatu yang positif? Manusia itu punya beragam tipe kepribadian. Ada yang berkepribadian pemimpin, pembicara, penyelesai masalah, penyayang, dll.  Mungkin ada orang yang hidup dalam kehidupan keluarga yang biasa bersikap dan berbicara negatif. Sehingga ia meyakini bahwa hal tersebut adalah perilaku natural yg ia gunakan untuk bersosialisasi dengan yang lain. Tanpa disadari ia terus melakukan perilaku tersebut hingga menjadi kebiasaan.

Kita sering mengecap orang lain berkepribadian negatif. Tapi apakah kita sudah tau apa aja sih kepribadian negatif itu? Bisa saja looh kita juga mengidap kepribadian tersebut ..
Ada 8 kepribadian negatif yang saya sadur dari buku "Terapi Berpikir Positif - Dr.Ibrahim Elfiky" :
1.      Keyakinan dan bayangan negatif
Orang yang memiliki kepribadiaan negatif lebih sering memikirkan kegagalan, yakin akan kegagalan daripada keberhasilan. Bayangan kegagalan selalu ada dalam pikirannya.


2.      Menolak perubahan
Karena kaykinan dan bayangan negatif, seseorang menjadi menolak untuk melakukan perubahan apapun, yang membuatnya harus keluar dari zona aman dan nyaman. Ia menolak perubahan sehingga ia menyelamatkan diri dengan berbagai cara. Biasanya emosi lalu anarki, Cuek dsb.
Banyak orang tua atau bahkan remaja yang kalau ditanya 'Ingin maju nggak?' Jawabannya ingin. Tapi selalu takut dengan perubahan. 

3.      Tidak berperan aktif dalam menyelesaikan masalah
Karena kepribadian negatif berpengaruh erat dengan perasaan, dalam menyelesaikan sesuatu tindakannya cenderung mempertegas sesatu tersebut daripada menyelesaikannya. Dalam kehidupan sehari – hari orang seperti ini biasanya emosionlal dan panic. Akibatnya masalah yang dihadapi semakin kacau. Jadi masalah sebenarnya ada dalam dirinya sendiri.


4.      Selalu mengeluh, mencela, dan melihat sisi negatif dari segala sesuatu
Ketika kepribadian yang negatif menghadapi masalah, ia cenderung menyalahkan orang lain atau sesuatu yang dan pengalaman pahit yang dialami sejak kecil. Ia tidak mau bertanggung jawab dan malah melempar tanggung jawab tersebut kepada orang lain.


5.      Selalu merasa frustasi, sendiri, dan gagal
Karena pikiran negatif berkali – kali dan menguatknya pikiran ini hingga menjadi keyakinan maka ia selalu dibayangi kegagalan. Jika sudah seperti ini, ia sudah tidak mempunyai harapan untuk maju dan berkembang. Karena ia menggunakan cara – cara mencela dan mengkritik maka hal ini akan berbalik kepadanya dan memengaruhi perasaannya. Dari waktu kewaktu perasaan ini kian menumpuk dan mengakar dalam akal bawah sadarnya hingga menjadi spontanitas yang tak disadari.


6.      Hasil kerja dan capaian individunya melemah
Pikiran dan perasaan negatif hanya akan membuat orang semakin jauh dari cita – citanya, baik di tempat kerja atau dalam kehidupannya. Sebuah penelitian di tentang penyebab orang menjadi jauh dari cita – citanya pernah dilaksanakan di NewYork, Amerika. Penyebab utamanya adalah jauh dari Allah dan selalu berpikir negatif.


7.      Senang menyendiri dan tidak mampu bersosialisasi sehingga tidak punya sahabat
Tidak seorang pun mau berdampingan dengan orang yang berkepribadiaan negatif. Karena sikap dan perilaku orang semacam ini selalu negatif maka orang – orang pun akan menjauhinya. Jika demikian ia akan terasingkan kemudian selalu bermuram durja.


8.      Sangat mungkin terserang penyakit jiwa atau penyakit
Tahun 1986 sebuah fakultas kedokteran di San Fransisco mengadakan penelitian tentang hubungan akal dan tubuh  dalam hal ini merebaknya berbagai penyakit, baik penyakit jiwa maupun penyakit fisik. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa lebih dari 95% penyebab munculnya penyakit bersumber dari akal. Akal berpikir, lalu mengirimkan pesan ke tubuh. Selanjutnya tubuh merespon. Respon itulah yang memengaruhi seluruh anggota tubuh.
Gangguan jiwa tidak ada batasnya. Karena pikiran negatif orang harus mengalami kesedihan mendalam hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Ia akan selalu cemas, gelisah, frustasi, sedih, kesepian, dsb. Semua penyakit ini memerlukan penanganan khusus dari para ahli.

Banyak contoh lain keperibadian negatif seperti ragu, emosional, dengki, benci, dll yg bersumber dari pikiran negatif. Mari kita berusaha menghindar dari berpikir negatif. Yah walaupun pada realitanya agak suli,t kita sama – sama mencoba melangakah kecil dulu. Karena pikiran itu akan menumpuk dan menyebar hingga menjadi kebiasaan yang menghalangi kita mencapai tujuan dan mendatangkan masalah yang tidak berkesudahan. Yang paling penting untuk disadari adalah pikiran negatif menguatkan ego rendah dan menjauhkan kita dari Tuhan Yang Maha Agung..
0 Komentar untuk "8 Kepribadian Negatif"

Recent Post

Tab-menu

Back To Top