Butuh ilmu dari luar sekolah

Siapa Itu Bidadari?

Alhamdulillahhirobbilalamin segala Puji Bagimu Ya Allah .
Pertanyaan ini muncul sejak beberapa bulan yang lalu. Ketika baca surat Ar-Rahman dan Al-Wa'qiah.  

"Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang baik- baik lagi cantik-cantik." (Q.S Ar-Rahman 55 : 70)
"Laksana mutiara yang tersimpan baik" (Q.S Al - Waqi'ah 56 : 23 )
"Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. penuh cinta lagi sebaya umurnya." (Q.S Al - Waqi'ah 56 : 35-37)
Pertanyaanku, Bidadari seperti apa ya yang dijanjikan Allah pada ayat - ayat ini? :')
Subhanallah...
Berbulan - bulan belum nemu jawaban. Alhamdulillah pagi ini, Jum'at 08 Februari 2012 Allah memberikan jawabannya.. Aku menemukan Hadits yang berisi penjabaran dari ayat diatas.
Ini Hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Ath Thabrani dari Ummu Salamah RA. :
Ummu Salamah RA berkata, "Ya Rasulallah, jelaskan padaku firman Allah: Bidadari - bidadari yang bermata jeli... (Q.S Ad - Dukhan 44 : 54)
Beliau menjawab, "Bidadari yang kulitnya bersih, matanya jeli dan lebar, rambutnya berkilau bak sayap burung Nasar."
Aku(Ummu Salamah) berkata lagi, " Jelaskan padaku ya Rasulallah, tentang fimanNya : Laksana mutiara yang tersimpan baik (Q.S Al-Waqi’ah 56 : 23)
Beliau menjawab, “Kebeningannya seperti kebeningan mutiar di kedalaman lautan, tak pernah tersentuh tangan manusia..”
Aku bertanya, “Ya Rasulallah, jelaskan padaku tentang firman Allah: Di dalam syurga itu ada bidadari yang baik lagi cantik – cantik (Q.S Ar-Rahman 55 : 70)…”
Beliau menjawab, “ Akhlaqnya baik dan wajahnya cantik jelita”
Aku bertanya lagi, “Jelaskan padaku firman Allah: Seakan – akan mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan baik (Q.S Ash – Shaffat 37 :  49)”
Beliau menjawab, “ Kelembutannya seperti kelembutan kulit yang ada dibagian dalam telur dan terlindung kulit bagian luarnya, atau yang biasa disebut putih telur.”
Aku bertanya lagi, “Ya Rasulallah, jelaskan padaku firman Allah (tentang wanita – wanita penghuni syurga) : Penuh cinta lagi sebaya umurnya (Q.S Al – Waqi’ah 56 : 37)”
Beliau menjawab. “Mereka adalah wanita – wanita yang tinggal di dunia dalam usia lanjut dalam keadaan rabun dan beruban. Itulah yang dijadikan Allah tatkala mereka sudah tau, lalu Allah menjadikan mereka sebagai wanita – wanita gadis, penuh cinta, gairah, mengasihi, dan umurnya sebaya.”
Aku bertanya, “Ya Rasulallah, manakah yang lebih utama, wanita dunia atau bidadari yang bermata jeli?”
Beliau menjawab, “Wanita – wanita dunia lebih utama daripada bidadari – bidadari seperti kelebihan apa yang Nampak dari apa yag tidak terlihat.”
Aku bertanya, “Mengapa wanita – wanita dunia lebih utama daripada bidadari?”
Beliau menjawab, “Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutera, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasaannya kekuningan, sanggulnya mutiara, dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata, “ Kami hidup abadi dan tidak mati. Kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali. Kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali. Kami ridho dan tidak pernah bersungut – sungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya.”
Aku berkata, “Ya Rasulullah, salah seorang wanita di antara kami pernah menikah dengan dua, tiga, atau empat laki – laki lalu meninggal dunia. Dia masuk syurga dan mereka pun masuk syurga. Siapakah diantara laki – laki itu yang akan menjadi suaminya di syurga?”
Beliau menjawab, “Wahai Ummu Salamah, wanita itu disuruh milih, lalu diapun memilih siapa di antara mereka yang paling baik akhlaqnya. Lalu dia berkata, “Rabbi, sesungguhnya laki – laki inilah yang paling baik tatkala hidup bersamaku di dunia. Maka nikahkanlah aku dengannya…”
… Wahai Ummu Salamah, akhlaq yang baik itu akan pergi membawa dua kebaikan, dunia dan akhirat.”

Nah demikianlah Jawaban dari pertanyaanku yang mirip dengan pertanyaan Ummu Salamah RA.
Alhamdulillah …
0 Komentar untuk "Siapa Itu Bidadari?"

Recent Post

Tab-menu

Back To Top