Butuh ilmu dari luar sekolah

Menyalahkan

Untuk memiliki cara pandang yang benar tidak mudah. Serius tidak mudah. Kita harus memenjahi sikap "Menyalahkan" . Kog menyalahakan? Simak ulasan berikut ini.

Sekarang susuan pengurus panitia Bulan Suci Ramadhan 1434 H di kampung  kami telah terbentuk. Ketua, sekretaris, bendahara, beserta seksi - seksi lain sudah dipilih. Setiap dari kami pun menyalurkan ide - ide luar biasanya, semua ide ditampung. Ide yang akan dilaksanakan sebagai rencana program kegiatan divoting bersama - sama. Setelah mayoritas sepakat kami melaporkan hasil rencana sementara kami kepada Bapak - Bapak dan Ibu - Ibu.

Yang namanya ide kan memang ada yang setuju dan ada yang tidak. Kalo yang setuju saat dibelakang kalo ditanya orang lain, jawabannya saling mendukung teman - temannya demi kelancaran rencana - rencanaya  tersebut. Kalo yang ngga setuju dibelakang menjelek - njelekan dan menyalahkan bahwa kesepakatan yang terambil adalah salah dan banyak dampak negatifnya. Dia yang ngga setuju juga menyalahkan teman - temannya yang setuju, terlebih yang mencetuskan gagasan.

Kog kamu tau? Iya saya tahu, karena memang ada satu panitia yang tidak setuju entah apa alasannya. Dan sebab tidak setuju ia mendekat kepada Ibu - Ibu yang tidak setuju. Menggabungkan kekuatan untuk menyalahkan rekan satu timnya. Dan luar biasanya, setiap ada perundingan antar panitia, orang tersebut tetap hanya mencari lubang yang bocor pada setiap gagasan bahkan tak memberi solusi. Aneh bin gila pokoknya.

Kesimpulannya, Orang yang selalu menyalahkan orang lain dan pihak lain biasanya sulit berbenah. Ia lebih sibuk mencari kesalahan orang lain ketimbang mencari solusi. Pimipinan, rekan kerja, pasangan di rumah, anak - anak, orang tua, dan masyarakat sekitar menjadi obyek untuk selalu disalahkan.

Berhentilah menyalahkan orang lain dan pikullah tanggung jawab hidup masing - masing. Kita tidak akan pernah memiliki cara pandang positif dalam kehidupan kita apabila saat ini penyakit gemar menyalahkan masih melekat dalam diri kita.

Semangat menuju perubahan.

-Alrsk- Morethanjustmath@gmail.com
0 Komentar untuk "Menyalahkan "

Recent Post

Tab-menu

Back To Top