Butuh ilmu dari luar sekolah

Guru Adalah Kunci - Menurut AniesBaswedan Bag 3


Berhenti memandang soal guru sebagai “sekadar” soalnya kementerian atau sebatas urusan kepegawaian. Soal guru adalah soal masa depan bangsa. Di ruang kelasnya ada wajah masa depan Indonesia. Gurulah kelompok yang paling awal tahu potret masa depan dan gurulah yang bisa membentuk potret masa depan bangsa Indonesia. Cara sebuah bangsa memperlakukan gurunya adalah cermin bangsa memperlakukan masa depannya !

Ya, penyesuaian kurikulum itu penting, tetapi lebih penting dan mendesak adalah menyelesaikan masalah-masalah terkait dengan guru. Guru merupakan ujung tombak. Kurikulum boleh sangat bagus, tapi bakal mubazir andai disampaikan oleh guru dihimpit oleh sederetan masalah. Tanpa penyelesaian masalah-masalah seputar guru, kurikulum nyaris tak ada artinya. 

Guru juga manusia biasa dengan plus-minus sebagai manusia, guru tetap kunci utama. Seorang murid menyukai pelajaran bukan sekadar karena buku atau kurikulumnya, melainkan karena gurunya. Guru yang menyebalkan membuat murid menjauhi pelajarannya, guru yang menyenangkan dan inspiratif membuat murid mencintai pelajarannya. 

Kita pasti punya banyak guru yang dulu mengajar. Ada yang masih diingat dan ada yang terlupakan. Artinya, setiap guru punya pilihan, mau jadi pendidik yang dikenang karena inspirasinya atau jadi pendidik yang terlupakan atau malah diingat justru karena perilakunya yang negatif. Guru harus sadar diri. Ia pegang peran besar, mendasar dan jangka panjang sifatnya. Jika seseorang tidak mau jadi pendidik yang baik, lebih baik berhenti menjadi guru. Terlalu mahal konsekuensi negatifnya bagi masa depan anak dan masa depan bangsa. Ini statement keras, tapi para pendidik dan pengelola pendidikan harus sadar soal ini.

--AniesBaswedan dalam tulisan VIP-kan Guru - Guru  Kita--

0 Komentar untuk "Guru Adalah Kunci - Menurut AniesBaswedan Bag 3"

Recent Post

Tab-menu

Back To Top