Butuh ilmu dari luar sekolah

Memang Hidup Itu Butuh Benturan (?)





Ini merupakan makalah yg saya presentasikan pada tugas Ilmu Sosial dan Budaya Dasar :D

Oke Happy Reading :)



1.    Alasan Orang Takut Gagal
Orang takut gagal karena orang tersebut cenderung terlalu mengasihani dirinya sendiri. Pikirannya dipenuhi oleh pikiran negatif,  cara pandangnya pesimis, tidak memiliki semangat untuk menaklukan tantangan. Sebagian dari mereka ada yang berkata, "Kami bukannya takut, kami hanya tidak mau mencoba!!!"  Sebagian lagi berkata, "Saya lebih nyaman dengan kondisi seperti ini, kenapa saya harus bersusah payah!!" Orang seperti itu takut zona nyamannya hilang kalo mencoba kemudian gagal. Mereka mengasumsi jika mengalami kegagalan itu adalah akhir dari segalanya. Dan masih banyak lagi alasan-alasan yang dapat diutarakan oleh orang-orang tipe ini. Tapi kebanyakan dari mereka tidak pernah merasakan anak tangga kesuksesan.
                                                  
2.    Cara Mengatasi Perasaan Takut Gagal
Memiliki perasaan takut gagal memang sesuatu yang wajar.  Namun jika terus terkurung oleh perasaan itu hingga tak pernah bisa melakukan apa-apa, perlu diwaspadai. Kita harus menyadari bahwa kesulitan, kegagalan adalah bagian dari kehidupan kita. Setiap kegagalan pasti akan membawa manfaat. Kesuksesan sejati adalah gabungun dari berbagai macam kesulitan dan kegagalan yang mampu kita atasi. Untuk itu kita dituntut mempunyai "Keuletan Extra". Keuletan yang berarti : tidak sekadar sabar, bertahan, apatis, pasif, pasrah, tetapi "Keuletan" yang di dalamnya mengandung sikap antusias, proaktif, gigih, tegar, berani untuk beraksi terus menerus.
Berikut adalah beberapa strategi untuk mengatasi perasaan takut gagal yang InsyaAllah menumbuhkan keberanian :
1)    Lakukan penelitian untuk menemukan sisi baik dan buruknya dari suatu kesempatan. 
Ketidaktahuan adalah sumber terbesar dari ketakutan. Oleh karena itu sangat diperlukan minat untuk mencari tahu apa yang sedang kita hadapi. Lakukan riset. Dengan cara ini kita akan menemukan sisi baik dan buruknya dari kesempatan yang tengah dihadapi sehingga kita bisa tahu apa saja risikonya.
2)    Memahami manfaat kegagalan.
Setiap kegagalan adalah percobaan untuk melakukan sesuatu, semacam eksperimen, serta juga merupakan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Bahkan jika kegagalan itu berakibat pada kerugian finansial, manfaatnya dapat dikonversi sebagai bahan pelajaran yang jauh lebih mahal dari kerugian keuangan yang kita dapat.
3)    Membuat rencana alternatif.
Cara lain untuk mengatasi ketakutan akan kegagalan adalah dengan mengurangi sisi negatifnya. Atasi risikonya dengan membuat rencana alternatif. Jika pilihan pertama gagal, kita dapat mempertahankan status dengan rencana cadangan yang solid. Berani gagal bukan berarti kita harus mengambil risiko kehilangan semuanya. Jika kita mengelola risiko dengan cerdas, kita dapat mengambil manfaat dari peluang yang memiliki risiko tinggi sambil kita menebar jaring penyelamat untuk berjaga-jaga agar kita tak jatuh terpuruk.
4)    Lakukan tindakan
Cara terbaik untuk mengurangi rasa takut dan membangun kepercayaan diri adalah dengan mengambil  tindakan. Begitu kita melakukannya, kita akan mulai mengumpulkan pengalaman dan pengetahuan. Semuanya sulit pada saat melakukannya pertama kalinya. Ini seperti melompat dari tebing ke dalam danau. Setelah kita melakukannya sekali, kita akan melihat bahwa air tersebut aman dan setiap kali kita mencobanya lagi segalanya akan berjalan lebih mudah. Karena itu bertindak memang penting. Mulailah dengan langkah kecil sambil membangun kepercayaan diri sampai takut gagal bisa kita atasi sebaik-baiknya.
5)    Membakar perahu
Ini merupakan pepatah Yunani kuno. Ketika tentara Yunani  melintasi laut untuk berperang, hal pertama yang mereka lakukan setelah mendarat adalah membakar perahu mereka sendiri. Dengan cara ini tak ada jalan untuk pulang. Satu-satunya jalan adalah maju berperang dengan upaya mati-matian. Begitu pun kala mengejar apa yang kita inginkan. Dengan tak punya alternatif lain kita akan mati-matian mengejar peluang yang ada.

3.    Manfaat Kegagalan
Apa ada orang yang mau mengalami kegagalan? Kami rasa tidak ada. Namun, Ironisnya, orang – orang sukses di dunia ini dengan bangga mengakui bahwa mereka sudah pernah melakukan kesalahan kemudian gagal. Sergey Brin, Co-Founder Google.Inc berkata “Satu – satunya cara untuk sukses adalah dengan melakukan banyak kegagalan”. Misalnya, Thomas A. Edison. Dia harus membuat beribu – ribu eksperimen yang penuh dengan kegagalan sampai akhirnya berhasil menciptakan bohlam. “Kegagalan adalah contributor terbesar dalam suatu kesuksesan” kata Paul Arden.
Jadi sudah seharusnya setiap orang menyadari bahwa kegagalan itu adalah suatu pelajaran. Masing – masing orang boleh bangga kalau pernah melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan pada masa lalu. Dengan begitu kita telah belajar sesuatu. Namun kalo pernah melakukan kesalahan tetapi tidak mengakuinya itu menandakan orang tersebut tidak belajar maksimal. “Kesalahan bukanlah suatu apa – apa, ia adalah edukasi dan langkah awal ke sesuatu yang lebih baik” kata D.A.Benton.
Kegagalan tidak memberikan manfaat apa – apa jika kita tidak mau belajar darinya. Pembelajaran dari kegagalan itu ada di tangan kita sendiri. Mau belajar dari kegagalan adalah pilihan masing – masing. Toh, semua kegagalan yang dialami pasti akan membawa kesempatan untuk sukses di masa depan. Henry Ford berujar, “Kegagalan adalah kesempatan untuk memulai lagi, dengan lebih pintar.” Henry Ford pernah lima kali mengalami kegagalan berbisnis sebelum mendirikan Ford Motor Company yang ternama dan legendaris.
Di dalam bukunya yang berjudul  Barack Obama : Dreams from My Father, Barack Obama menceritakan ketika kelompoknya telah berusaha mengadakan pertemuan ternyata mengalami kegagalan. Mereka kecewa. Dr.Collier bilang, “We would learn form our mistakes.” Kemudian, Barack Obama berkata, “Something like this is just part of growing up. And, sometimes growing up hurts.”
Nah, begitulah manfaat kegagalan. Karena kegagalan kita bisa belajar untuk mencoba kembali dengan lebih pintar.

*Memang Hidup Itu Butuh Benturan*
Tag : Motivasi
0 Komentar untuk "Memang Hidup Itu Butuh Benturan (?)"

Recent Post

Tab-menu

Back To Top