Butuh ilmu dari luar sekolah

Pelajaran dari Seminar ON



Untuk meraih kehidupan yang Sukses Mulia kita harus melakukan 4 ON. Vision, Action, Passion, dan Collaboration. 


Dalam hidup kita punya banyak keinginan. Diantara keinginan itu ada yang paling besar yang pasti ingin kita wujudkan, itu namanya VisiON. Kita harus menentukan VisiON hidup kita sejak saat ini, karena itu akan menjadi bahan bakar dan energy dalam hidup kita. Tanpa punya VisiON, hidup kita tak punya arah. Ibarat berpergian ngga punya tujuan, yah Cuma muter – muter ngga jelas.


Punya VisiON aja ngga cukup, kita juga harus ActiON. Bagaimana cara Action yang benar? Tentukan Skala Prioritas. Ambil yang wajib dan sunah, sekali – sekali mubah, tinggalkan yang makhruh, dan campakkan yang haram. 


Kalo kita dihadapkan pada pilihan yang berat, misal saat adzan berkumandang tiba – tiba istri mau melahirkan, mana yang didahulukan suami? Tolong istri dulu nanti kan masih ada waktu untuk sholat. Tapi kalo misal waktu sholat tinggal sisa 5 menit tiba – tiba istri mau melahirkan, mana yang didahulukan? Sholat dulu baru tolong istri. Kerena sholat itu wajib.


Setelah menentukan prioritas, kita harus melakukan aksi strategis, yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas. Kerja keras sedikit tapi rutin itu sangat baik untuk membuat kita expert. Harus mau keringetan. Kemudian kerja Ikhlas itu bersihkan hati & libatkan Allah.


Kenapa kita sudah kerja keras & cerdas tetapi pendapatan kita masih saja bisa ditebak? Karena kita kurang bertakwa. “….Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya…” QS At-Thalaaq 2-3 . Maka setiap apa – apa yang kita kerjakan libatkan Allah. Sebelum melakukan kita Tanya dulu pada diri kita. “Kalo aku melakukan ini, Allah tambah cinta gak ya sama aku?” gitu..


Tidur itu ada medalinya looh. Tidur emas itu dari jam 9 pm –  1 am . Tidur perak itu dari jam 1 am – 3 am. Tidur perunggu itu dari jam 3 am – 5 am. Dan yang terakhir itu tidur dari jam 5 am – 7 am adalah sumber penyakit.


ActiON gak boleh sembarangan, kita harus melakukannya sesuai PassiON. Kerja sesuai PassiON kita akan merasa enjoy, tumbuh, dan dihargai. Kerja sesuai PassiOn berpeluang menjadi Ibadah, bukti syukur kita kepada Yang Maha Pencipta, berpeluang besar dikenal / ahli di bidang yang kita tekuni. “Dunia tak cukup waktu untuk melihat yang baik – baik, maka jadilah yang terbaik.” – Jamil Azzaini


Setiap orang sidik jarinya berbeda, setiap orang punya ke ahlian masing – masing. Tentu kita semua punya potensi yang beda – beda. Mulailah temukan apa PassiON anda. Kalo kerja nggak sesuai PassiON segera lakukan tobat profesi. 


Yang terakhir adalah CollaboratiON. Kita harus CollaboratiON kan VisiOn, ActiOn, dan PassiON kita. Caranya dengan memprioritaskan Allah, memilih partner. Menurut pak Jamil cara menentukan partner Cari parter yang tepat, berguru dan bergaul dengan KingPin (orang yang berpengaruh), serta aktif di komunitas 3 TIF. 3 TIF itu kalo ngga salah Aktif Produktif dan Kreatif, yah pokoknya yang positif – positif .

Pilihlah Istri yang cerdas. Sebab Istri akan menjabat sebagai manager dalam rumah tangga. Kalo perusahaan managernya ngga cerdas apa bisa jalan perusahaannya? yah sama begitu juga dengan rumah tangga. Istri dinikahi bukan untuk dijadikan tukang. Tapi manager. Anak adalah bahan produksinya. Kalo Istri capek, kemudian minta pembantu gimana? kata Pak Jamil, Suami wajib memenuhi karena nafkah adalah tanggung jawab suami.

Ada kata mutiara dari Pak Jamil , “Lautan adalah tempat paling rendah, sehingga bisa menampung banyak sekali air. Nah Ilmu akan datang kalau kita merendahkan hati”


Itulah materi seminar yang saya dapatkan. Semoga bermanfaat. Semangat Move On. Salam Sukses Mulia.


Alrsk #learn & share
0 Komentar untuk "Pelajaran dari Seminar ON"

Recent Post

Tab-menu

Back To Top